Tips Juara (#8): Tips Menjadi Juara dengan Menghafal Qur’an

Assalamualaikum, Halo, こんにちは (Konnichiwa), … adik adik semua. Salam dari Jepang.

Entah kenapa saya kepikiran tips Menghafal Qur’an bisa dimasukkan sebagai tips untuk menjadi juara kelas. Mungkin boleh dicoba, meskipun ini baru dugaan saya saja, belum bisa dipakai sebagai tips yang diakui umum, karena belum banyak yang mengakui. Apa coba… bingung kan?

Pokoknya coba aja, tidak ada ruginya, malah untung yang banyak. Pertama, untuk tiap huruf yang dibaca dapat pahala 1 kebaikan. Kalau berwudhu, dapat 10 kebaikan. Dan kalau membaca Qur’an di dalam shalat, dapat 25 kebaikan. Banyak kan untungnya?

Nah, kalau ayat-ayat Qur’an tadi dihafalkan, maka saat menghafalkannya, pahalanya bertambah amat banyak. Iya kan? Karena 1 ayat aja kita bacanya bisa 20 kali.

Di samping itu, menghafal ayat Qur’an, juga menghilangkan kejenuhan pikiran. Coba deh, saat kepala mumet mikirin tugas sekolah, pelajaran yang enggak masuk-masuk di kepala, coba hafalkan ayat Qur’an. Ulang-ulang hafalan sampai 10 kali, 20 kali, sampai ingat betul-betul. Nanti ingatanmu akan kuat, dan hafalanmu ke pelajaran sekolah pun akan kuat. Yakin deh.

Nah, berikut tips menghafal Qur’an, yang nanti dapat diterapkan juga saat menghafal pelajaran sekolah.

  1. Baca tulisannya berkali-kali, diulang sampai 10 kali. Perhatikan saat membaca, semua hurufnya, posisi hurufnya, letak barisnya. Bayangkan di kepala posisi dan bentuk huruf dan kata di dalam Al-Qur’an pakai otak kanan. (cek lagi postingan mengenai mengoptimalkan otak kiri dengan memanfaatkan otak kanan ya).
  2. Setelah itu, baca tanpa melihat sebanyak 10 kali juga. Kalau masih salah, bolehlah ngintip tulisannya, hehehe.
  3. Baca juga arti setiap kata (cari dari Qur’an per kata, berupa website atau aplikasi di smartphone, coba googling ya…).
  4. Hafalkan juga arti setiap kata, atau setidaknya arti setiap ayat yang dihafal. Ini akan memperkuat dan mempercepat Hafalan Qur’an kalian.
  5. Temukan runutan kisah di dalam ayat-ayat yang dihafalkan. Ini akan memperkuat daya imajinasi kalian dalam mengingat urutan suatu peristiwa, atau urutan proses reaksi kimia, atau urutan prosedur percobaan fisika, dsb.
  6. Menghafalkan ayat yang pendek, misalnya 1 baris di halaman Qur’an, lakukan 1 ayat perhari. Tapi kalau kurang dari itu, buat 2 atau 3 ayat per hari. Agar daya ingat urutannya dapat. Kalau lebih panjang dari 1 baris, boleh dipecah sesuai dengan tanda wakaf (berhenti) yang ada di baris tersebut.
  7. Setelah terkumpul 1 urutan peristiwa atau kisah, lakukan setoran hafalan sekaligus untuk kumpulan ayat tersebut. Misalnya dalam Surah Ar-Rahman, ayat 1 – 4 itu dapat dikumpulakan sebagai 1 kisah, ttg penciptaan manusia yang diajari dengan Qur’an dan diajari berbicara. Ayat 5-6 kisah ttg benda langit. Ayat 7-9 tentang timbangan (mizan). Ayat 10-12 tentang bumi dan isinya (buah/tumbuhan). dan seterusnya. Lebih baik lagi, menghafalnya 1 hari++ sesuai dengan pengelompokan tersebut, diulang-ulang sampai 20 kali baca (sesuai langkah 1 sampai 4).
  8. Kalau sudah dapat 1 kisah, sudah dihafal sampai 20 kali baca, endapkan. Artinya jangan pindah dulu ke ayat berikutnya. Tapi coba diamkan sejenak 1 hari full, jangan dibaca dan dihafal ayat yang itu. Besoknya uji hafalan adik-adik. Kalau masih ingat, boleh dilanjutkan ke ayat berikutnya. Tapi kalau kurang lancar atau ada yang lupa, ulangi untuk 1 hari++. (Om nulisnya ++, pada beberapa kasus bisa lebih dari 1 hari, tapi kasih target jangan lewat dari 3 hari ya. Tidak panjang kok untuk menghafal 1 urutan kisah itu. Kecuali kalau memang panjang banget ayatnya, boleh lah sampai 5 hari, atau sesuai kebutuhan).
  9. Lakukan langkah 1-8, sampai seluruh ayat dalam surah tersebut hafal.
  10. Menghafalnya tidak harus di atas sajadah lho ya, bisa di mana aja. Di angkot, di bus, di kereta. Tapi yang lebih baik di tempat yang tenang dan tidak berisik (misalnya di taman belakang sekolah, kayak nobita… hehehe).
  11. Dan yang lebih penting, menghafal dengan mendengarkan mp3 atau youtube surah yang dihafal, agar bacaannya bagus dan benar, sangat dianjurkan. Contohnya video youtube di bawah ini, sudah Om pilihkan yang ada artinya.

Nah, demikian adik-adik, tips menghafal ayat Qur’an yang Om lakukan. Dan kalau om baru mulai menghafal di atas usia 35 tahun, Om yakin adik-adik yang lebih fresh akan lebih cepat menghafalnya. Dan Om yakin juga kalau dengan menghafal ayat Qur’an, adik-adik jadi tambah cerdas dan cemerlang otaknya dalam menerima pelajaran di sekolah.
Selamat mencoba…

Ditulis di Jepang, jam 10 malam waktu Tokyo.

Perihal Om Surya
Share pengalaman dan pelajaran SD-SMA untuk generasi belajar Indonesia, semoga bisa menjadi inspirasi menuju juara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: