Wow… blog ini diduplikasi orang

Kaget, senang, susah, was-was, curiga, semua campur aduk, ketika Om ketemu blog yang mengambil/menjiplak/mengcopy bulat-bulat semua posting tulisan om … as it is.. alias apa adanya, termasuk picture, foto, about Om, dsb.

Kaget, karena ada juga yang menjiplak (alias plagiat) untuk mengisi blognya sendiri, dan dengan jiplakannya itu malah blog Om jadi tenggelam di Google. Ya salah om juga sih, sudah lama absen nulis, sehingga blognya jadi tidak update dan banyak sarang laba-labanya… hehehe. Padahal isi dari tulisan di blog Om tentang tips juara kelas sudah jelas mengatakan jangan menyontek apalagi menjiplak (belum pakai istilah plagiat ya.) Nah, kebetulan 2 tahun terakhir Om sedang meneliti tentang plagiarisme, sehingga mulai saat ini akan coba dipakai istilah tersebut biar dapat kata kunci pencarian baru dari Google.

Oh iya,.. Om sekarang lagi di Jepang, sedang jadi mahasiswa lagi biar dapat gelar Ph.D atau doktor (S3). Doain ya adik-adik… supaya bisa beres secepatnya dan tidak melebihi waktu beasiswanya. Om sampai di Jepang dengan beasiswa dari LPDP, di kampus yang lumayan keren dan top ranking universities, yaitu Tokyo Institute of Technology. Jadi harap maklum ya kalau blognya sempat mati suri.

Oleh karena itu, tips yang Om tulis di blog ini, bukan asal ngomong lho, semoga kalian bisa lebih baik dari Om, sekolah ke luar negeri, kampus top dunia, dan lebih muda berangkatnya. Kalau Om baru bisa ke luar negeri di atas 35 tahun, dan di tingkat S3, semoga kalian bisa mencapainya di usia sebelum 25 tahun, dan mulai dari S2 atau bahkan sejak S1. Kan keren tuh…

Senang, karena ada juga orang yang berminat dengan tulisan Om, dan menaruhnya di blognya. Artinya walaupun mungkin tulisannya jelek, tapi ada yang memakai,.. hehehe. Dan dengan bantuan jiplakan tersebut, pesan atau message yang ingin disampaikan kepada adik-adik pelajar, dapat tetap ditemukan oleh Google, di antara bejibun tulisan baru tentang tips juara kelas.

Susah, karena mungkin karena ada tulisan yang sama, maka blog Om jadi hilang di mesin pencari Google. Si mbah Google akan memilih dan menampilkan hasil pencarian dengan tanggal tulisan yang lebih mutakhir. Gimana Om enggak jadi susah hati karenanya, sebab untuk menulis blog, sering mikirnya lama, sampai begadang-begadang edit sana edit sini, agar bahasanya bisa nyambung sama bahasa-bahasa anak muda jaman sekarang,… Gak usah detail ah,.. soalnya nanti ada yang tersinggung kalau disebut sebagai generasi al*y. Om percaya kok, kamu yang sampai ke blog ini tidak termasuk, cuma kebetulan tumbuh dan berkembang di antara mereka. ..Peace…

Was-was,… jangan-jangan blog Om nanti bakalan ketemu di halaman 100 hasil pencarian Google. Lah, siapa yang mau browsing sampai halaman 100? sampai halaman 3 aja malas. Iya enggak?

Curiga, … jangan-jangan yang melakukan penjiplakan blog Om pakai aplikasi robot untuk mendeteksi tulisan-tulisan baru di blog Om, lalu dicopy juga ke blognya dia. Akhirnya tulisan di blog om bisa jadi obsolete terus. Dan selalu tenggelam. Wah… om harus cari tahu nih,… teknik yang dipakai oleh blogger yang pengennya instant dapat hit counter.

Mestinya gak boleh curiga, ya… karena sebagian  prasangka itu dosa. Kalau mau lihat sisi positifnya, ya itu tadi. Pesan atau message yang ingin Om sampaikan tetap bisa ditemukan oleh Google, walau barusan Om lihat sudah tenggelam ke halaman 3, karena banyaknya blog-blog atau website lainnya yang menulis tentang tips juara kelas.

Lanjut lagi deh, semoga bisa aktif lagi nulis blog ini, di sela-sela kejenuhan riset atau lagi mentok. Semoga bisa seger lagi habis nulis. Menginspirasi orang lain, semoga dampaknya kembali kepada diri sendiri, jadi terinspirasi untuk semangat lagi…. he..he..he.. Ganbatte.

Perihal Om Surya
Share pengalaman dan pelajaran SD-SMA untuk generasi belajar Indonesia, semoga bisa menjadi inspirasi menuju juara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: