Tips juara (#6) Belajar Efektif Berkelompok

Halo adik-adik,…

Parunten, matur suwun, mohon maaf, lama absen… maklum sibuk menata kehidupan baru,… dan sampai sekarang masih belum stabil.ย  Mungkin ada yang menunggu-nunggu tips jadi juara selanjutnya. Here it is:

Begini adik-adik…

Kadang-kadang banyak siswa yang sulit belajar di rumah, tidak konsen, atau kalau mentok sama suatu soal, akhirnya dibawa tidur atau malah kabur ke mall. Ini ada tips belajar efektif untuk adik-adik agar bisa jadi juara:

Dari judul posting ini, maksudnya sudah jelas kan,…. belajar berkelompok, bareng teman untuk diskusi dan bahas soal sama-sama. Nah, dalam berkelompok ini, jangan mengandalkan orang lain. Harus berkontribusi. Karena kalau belajar berkelompok, dan kamu di bagian yang suka nanya dan tak pernah tampil menerangkan, maka kamu akan minder sendiri.

Jadi cara belajar berkelompok yang efektif adalah, kamu juga mesti punya amunisi, dan kamu perlu setidaknya belajar dulu tentang topik yang akan didiskusikan sama-sama, menjawab beberapa soal mengenai hal tersebut, dan membuat catatan kecil untuk jimat kamu nanti saat menerangkan kepada teman-teman. Jangan ikut belajar kelompok dengan amunisi kosong, nanti kamu cuma jadi buntut di kelompok…. ngikut aja.

aktif dalam diskusi

Diskusi kelompok

Nah, kalau kamu udah punya persiapan, maka belajar berkelompok akan menyenangkan. Lebih baik lagi kalau saat belajar berkelompok kamu yang paling aktif, maka kamu akan dominan di kelompok, sehingga semakin dekat untuk mendapatkan gelar MASTER dari teman-temanmu.

Keuntungan belajar kelompok (bila masing-masing anggota berkontribusi dalam diskusi):

  • saling berbagi (sharing), saling mengisi: misalnya masing-masing anggota cuma punya penguasaan materi kira2 30%, dengan bergabung dalam kelompok dan saling menerangkan topik masing-masing, maka penguasaan materi bisa meningkat dengan lebih cepat, setidaknya 75% ditargetkan dapat dicapai, dan lebih baik lagi 100% tentunya.
  • melatih semangat bekerja sama dalam tim (team work): kamu akan terbiasa untuk berbagi tugas dan tanggung jawab, sehingga pekerjaan yang besar dapat diselesaikan dengan baik. Hal ini sangat berguna saat kamu di dunia kerja nantinya.
  • belajar memahami orang lain: kadang-kadang sebagai personal, seseorang suka bersifat individualistis, opportunis dan berbagai sifat mementingkan diri sendiri lainnya. Dengan berkelompok, maka kamu akan mencoba memahami orang lain, dan menerima kekurangan orang lain untuk bisa diisi olehmu atau anggota kelompok lainnya.
  • banyak tumbuh ide-ide brilian: dengan berkelompok, tukar menukar fikiran (brainstorming) dapat menumbuhkan ide-ide baru, kreatif, dan cerdas, tidak hanya untuk pelajaran sekolah, tapi juga kegiatan lainnya yang bermanfaat. Misalnya jualan parcel menjelang hari raya… Entrepreneur sejak dini ceritanya… ๐Ÿ™‚

Okeh,… sekian dulu tips belajar efektif untuk mencapai juara.ย  Semoga bisa diamalken….

Selamat belajar kelompok.

 

Tentang Om Surya
Share pengalaman dan pelajaran SD-SMA untuk generasi belajar Indonesia, semoga bisa menjadi inspirasi menuju juara.

Tinggalkan komentar