Akses Internet Sharing dari Windows XP atau Vista

Mudah-mudahan berguna:

Tadinya saya pikir untuk bisa akses internet bersama menggunakan satu koneksi internet (misalkan modem 3G, CDMA, atau telepon kabel) tanpa menggunakan router atau proxy tidak mungkin pada Windows. Karena kebutuhan, kebetulan waktu pulang ke rumah ortu, adik saya juga ingin ikutan akses internet. Sedangkan saya cuma pakai modem 3G dengan komputer terinstal Windows XP.

Saya coba cari software proxy untuk windows, ada banyak, cuman kebanyakan berbayar. Karena masa trial yang tersedia cuma 30 hari, akhirnya begitu habis masa trialnya, ya sudah, tidak bisa lagi internet connection sharing.

Mau belah PC jadi 2 OS (misal Win + Linux), repot juga soalnya kerjanya banyak. Harus bikin partisi barulah, instal Linux, atur konfigurasi, dll. Mau pakai Virtual Server,… sama repotnya. Download dulu s/w virtual server, instal Linux, konfigurasi, dll. Akhirnya coba buka helpnya Windows. Rasanya dulu pernah ingat buat internet connection sharing pakai Windows 2000, bisa.

Got it!… ketemu juga. Jadi, dua komputer yang dilengkapi LAN card dihubungkan dengan kabel cross UTP cat5, kemudian set IP kedua LAN card tersebut DHCP (obtain otomatis). Kalau pakai switch + kabel UTP straight through (kabel biasa) bisa juga. Malah bisa ke beberapa komputer (tapi terbatas kalau tidak ingin performa si PC yang ada internetnya down banget).

Cara buat kabel cross UTP,… silakan di googling.

Langkah  Pertama:

Cara set up IP address untuk LAN-nya di PC: ….. gampang kok. Untuk yang belum tahu saja,… ini nih caranya: yang udah tahu silakan skip ke langkah berikutnya.

WIN XP

  • Buka settingan LAN Card (dapat dari simbol LAN di pojok kanan bawah, gambar 2 monitor dempet) dengan klik kanan, pilih properties.
  • Atau dari Start –> Connect To –> Show All Connection
  • Atau dari Windows Explorer (klik kanan pada My Network Place, pilih Properties)
  • Pilih interface LAN (Local Area Network) yang terhubung pada switch atau komputer lain melalui kabel cross UTP tadi, klik kanan pilih Properties
  • Pilih Internet Protocol (TCP/IP), klik Properties
  • Pastikan pilihan Obtain IP Address Automatically dicentang

WIN VISTA

  • Buka settingan LAN Card (dapat dari simbol LAN di pojok kanan bawah, gambar 2 monitor dempet) dengan klik kanan, pilih Network and Sharing Center
  • Atau : Start –> Network –> pilih button Network and Sharing Center –> pilih di kolom sebelah kiri: Manage Network Connection
  • Atau dari Control Panel –> Network Connection
  • Pilih interface LAN (Local Area Network) yang terhubung pada switch atau komputer lain melalui kabel cross UTP tadi, klik kanan pilih Properties
  • Pilih Internet Protocol (TCP/IP), klik Properties
  • Pastikan pilihan Obtain IP Address Automatically dicentang

Kedua PC (atau semua PC yang akan dihubungkan ke internet) dilakukan hal yang sama, yaitu IP LAN-nya diset DHCP atau Obtain IP Address Automatically.

Langkah kedua, yaitu PC yang bertindak sebagai router (penyedia akses internet) atau yang terhubung ke internet (melalui modem atau lainnya):Internet sharing

Sama dengan pengesetan LAN, dari jendela Network Connection di atas (jangan ditutup dulu habis langkah pertama).

  • Pilih interface yang terhubung ke internet (misalnya Modem 3G atau CDMA atau modem telpon kalau pakai Telkomnet Instan). Klik kanan, pilih Properties
  • Dari jendela Properties, lihat ada tabs-tabs di bagian atas, pilih tabs Sharing (WIN VISTA) atau tabs Advanced (Win XP)
  • Klik (enable) atau centang pada Allow other Network users to connect through this computer’s Internet Connection (Win XP dan Vista)
  • Jangan lupa, pilih interface LAN yang sudah diset tadi (langkah 1) pada box Home Networking Connection, artinya komputer lainnya mengakses internet melalui LAN-nya si komputer yang jadi router.
  • Udah, beres…. begitu di-OK, maka komputer router akan mengeset IP LAN-nya sendiri (berapa aja yang dikasih oleh Windows, terima aja,… alias di-OK in juga), dan komputer lainnya akan mendapatkan IP address otomatis dari si komputer router.

Selanjutnya, silakan browsing2 deh, dari komputer ‘client’-nya. Jadi, kalau anda mahasiswa yang kost, kebetulan teman kost ada yang punya akses internet, apa salahnya di-share seperti ini,… lumayan ngirit biaya daripada ke warnet. Selamat mencoba.

Perihal Om Surya
Share pengalaman dan pelajaran SD-SMA untuk generasi belajar Indonesia, semoga bisa menjadi inspirasi menuju juara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: