Selamat Menempuh UAN, Semoga Lulus Ujian

simbol dunia pendidikan kitaUjian Nasional dimulai hari ini untuk SMA dan yang sederajat. Kami mengucapkan selamat menempuh ujian bagi adik-adik SMA, dan juga adik-adik SMP dan SD pada minggu-minggu berikutnya.

Walaupun beban kalian berat, harus lulus agar tidak mengecewakan orang tua, namun tetaplah berusaha dan bertawakal. Ingatlah tips-tips dan mental juara yang sebagian telah saya uraikan dalam beberapa tulisan terdahulu. Tidak perlu terpancing untuk mengikuti kunci jawaban yang beredar (bila ada), atau tergoda untuk turut serta membeli bocoran tersebut dari oknum-oknum yang berniat memperkaya diri sendiri dari ketakutan kalian.

Ingatlah,… kalaupun gagal pada kesempatan pertama, masih ada kesempatan ujian perbaikan yang diberikan oleh Diknas. Dan kalian punya waktu untuk persiapan yang lebih matang.

Jadikan juara adalah target pencapaian, maka kelulusan akan otomatis menyertai. Kalau targetmu adalah juara, maka kekhawatiran untuk tidak lulus dapat dikurangi, sebaliknya rasa percaya diri akan dapat ditumbuhkan.

TIPS MELAKSANAKAN UJIAN

Beberapa orang yang termasuk ranking kelas sering gagal dalam UAN. Mungkin ada kesalahan teknis yang dilakukan secara tidak sengaja. Untuk itu, baik dicermati tips saat melaksanakan ujian seperti berikut:

  • Istirahat (tidur malam) yang cukup, sehingga tidak terlambat ujian. Terlambat menyebabkan kegugupan, sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan kegagalan ujian.
  • Persiapkan alat tulis yang lengkap. Pensil 2B yang sebaiknya dipilih, adalah yang isinya tebal agar tidak cepat patah. Rautlah pensil 2 atau 3 buah sebelum ujian.
  • Menghitamkan jawaban tidak perlu terlalu teliti/rapi. Asalkan telah memenuhi kotak atau lingkaran, telah cukup karena telah terbaca oleh komputer.
  • Jangan sekali-kali menghitamkan jawaban lebih dari satu, karena pasti akan salah baca (error) dan dianggap jawaban salah.
  • Gunakan penghapus yang bersih. Kalau penghapus sudah menghitam kena bekas pensil, bersihkan dengan cara digosok ke dinding atau kayu/bagian bawah meja yang tidak dicat.
  • Isi semua form data dengan teliti sebelum mengerjakan soal. Kesalahan data (misalnya nomor ujian dan nama) menyebabkan data hasil ujianmu tidak ketemu saat di-scan oleh OMR scanner. Akhirnya nilai ujianmu adalah NOL alias tidak ikut ujian. Rugi kan?
Suasana ujian, tenang tapi tegang

dikutip dari depkeu.go.id

Tips Mengerjakan Soal:

  • Kerjakan soal berurutan dari halaman pertama.
  • Tandai dulu jawabanmu di kertas soal sampai satu halaman selesai.
  • Skip/lewati soal yang sulit, lingkari nomor soal sehingga kamu bisa kembali mengerjakannya lagi nanti setelah soal terakhir.
  • Setelah satu halaman selesai dikerjakan, segera pindahkan jawabanmu ke kertas jawaban. Bulatkan jawaban di kertas jawaban.
  • Lanjutkan sampai semua halaman soal selesai dikerjakan.
  • Ukur waktumu mengerjakan soal. Patok waktu maksimal mengerjakan satu soal. Misalnya kalau total waktu ujian untuk Matematika adalah 2 jam (120 menit), dan terdiri atas 45 soal, maka patok waktu maksimal adalah 2 menit. Kalau rasanya sudah 2 menit masih belum ketemu jawabannya, segera pindah ke soal berikutnya. Lingkari nomor soal yang susah itu.
  • Setelah maksimal 90 menit, semua soal sudah kamu baca. Dan mungkin masih tertinggal beberapa yang belum ketemu jawabannya. Segera telusuri lagi dari halaman pertama, nomor soal yang dilingkari. Kerjakan kembali soal tersebut.
  • Cara ini cukup efektif, karena pada beberapa kasus, kamu akan ingat jawaban/langkah mengerjakannya setelah ketemu soal lain yang sama temanya di nomor berikutnya.
  • Bila masih ada waktu, periksa seluruh jawabanmu dari nomor pertama.
  • Tidak usah buru2 keluar ruangan ujian kalau masih ada waktu.
  • Sebelum mengumpulkan, periksa kembali data dirimu: Nomor Ujian, Nama, jangan sampai salah. Harus sesuai dengan kartu ujian.

TIPS YANG PALING PENTING: JANGAN LUPA MULAI DAN AKHIRI UJIANMU DENGAN BERDOA, DENGAN HARAPAN UJIANMU AKAN SUKSES, DENGAN HASIL YANG TERBAIK.

Demikian tips ujian kali ini, mudah-mudahan berguna. Tips ini juga dapat diterapkan pada ujian SNMPTN, SPMB, UMB dan sebagainya untuk masuk perguruan tinggi yang kamu idamkan.

SELAMAT UJIAN, JUJURLAH SELALU, SEMOGA SUKSES.

000000

Perihal Om Surya
Share pengalaman dan pelajaran SD-SMA untuk generasi belajar Indonesia, semoga bisa menjadi inspirasi menuju juara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: