Tips Juara (#3): Dari iseng, menjadilah Master PR

Halo semua ponakan Om yang cerdas-cerdas di mana saja berada, senang ketemu lagi dengan kalian.
Yang enggak mau cerdas ndak boleh mbaca ya… hehehe.

Walau saat ini mata Om ngantuk berat, udah 5 watt, Om coba menulis tips selanjutnya supaya ngantuknya hilang.

Yang lalu sampai tips kedua ya. Nah, ini tips ketiga. Simak baik-baik.

Setelah kalian mencatat yang rapi buku catatan, dan menjadi primadona baru bagi teman-teman untuk dipinjam, maka kalian sudah dekat kepada status master di kelas.
Kalau sudah tenar sebagai master buku catatan, saatnya kalian tampil menjadi master buku PR dan Latihan.belajar

Gimana caranya?
Cobalah iseng-iseng kerjakan soal-soal di buku, buat jawaban dengan langkah-langkah yang rapi, khususnya  pelajaran eksakta seperti Matematika/Berhitung, Fisika, Kimia.
Kalau pelajaran hafalan, buat dalam kalimat-kalimat yang singkat tapi mencakup semua hal yang ditanyakan (misalnya Biologi,PPKN atau IPS).
Jawaban di tulis dalam buku latihan khusus, kertas buram/HVS juga boleh, asal nanti dikumpulkan jadi satu pakai klip/Map.
Tapi kalau itu adalah PR dari sekolah, ya mesti dikerjakan di buku PR dong.

Jangan lupa, untuk menjawab soal, pakailah buku catatan (dari tips kedua) sebagai panduan. Hindari pakai buku cetak/buku pegangan.
Semakin banyak kamu mengerjakan soal, maka semakin ketahuan bahwa catatan yang telah dibuat cantik berwarna-warni itu tidak lengkap. Sehingga, kalian akan terpaksa baca buku cetak lagi untuk mencari jawabannya. Sambil itu, lengkapi buku catatannya,….

Nah, kalau kamu sudah bisa menjawab beberapa soal di buku, dan dibuat di buku khusus tadi,… kalian sudah menapaki jalan sebagai MASTER PR atau MASTER LATIHAN.

Kalau ada teman-teman yang kesulitan PR, tinggal tawarin aja,…. mau dipinjami buku jawaban, atau mau diajari cara menjawab soal. Ini adalah strategi untuk jadi terkenal juga lho,.. hehehe.

Kalau mereka maunya cuma pinjam buku aja, ya kasih aja…. kasihan… apalagi kalau sampai bela-belain datang ke rumah ujan-ujan buat minjam buku. Tapi sebetulnya lebih kasihan lagi karena mereka cuma nyalin PR. Ya apa boleh buat, maunya orang susah diintervensi ya? apalagi jaman demokrasi begini.

Tapi kalau teman-teman minta diajarin cara menjawab soal-soal PR, maka ini adalah kesempatan emas bagi kalian untuk membuktikan bahwa soal-soal itu sudah kalian kuasai baik-baik, sehingga kalau keluar soal seperti itu lagi, tinggal telan aja. hehehe.
Dengan ngajarin teman, berarti kalian berlatih lagi soal itu tanpa melihat buku. Jadi, kalian semakin menguasai bahan pelajaran itu. Bergembiralah kalau berhasil ngajarin teman tanpa lihat buku. Kalian sudah dekat menuju juara.

Oke,.. sepertinya tips ketiga cukup sekian dulu,… kalau kebanyakan nanti kalian malah bingung mengamalkannya (mempraktekkannya).

Segera dicoba ya,… Lebih Cepat Lebih Baik !!

Selamat menempuh jalan untuk menjadi juara.
cheers.

Perihal Om Surya
Share pengalaman dan pelajaran SD-SMA untuk generasi belajar Indonesia, semoga bisa menjadi inspirasi menuju juara.

One Response to Tips Juara (#3): Dari iseng, menjadilah Master PR

  1. Cici Jusnia mengatakan:

    pliz tipsnya yang singkat aja alnya biar gampang masuk gitoh..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: