Tips Juara (#1): Niat: AMJ – Aku Mau Juara

Halo adik-adik pelajar di seluruh indonesia,…

Sebelumnya kita kenalan dulu deh, Nama saya Surya,…saya boleh kalian panggil Om Surya saja ya,.. .hehehe. Soalnya mungkin saya sudah terlalu tua untuk dipanggil mas atau abang oleh kalian, tapi belum tua-tua amat untuk dipanggil bapak,… apalagi kakek,… hahaha,…. jangan sekarang deh.

Om waktu sekolah dulu, seumuran kalian,… Alhamdulillah selalu juara satu di kelas. Sampai2 ada yang nyelutuk, apa enggak bosan juara satu terus? hehehe

Sekolah Om adalah sekolah terbaik di kota kelahiran Om, dan cukup banyak yang diterima di perguruan tinggi favorit seperti UI, ITB, Unpad, UGM, dan ITS. Di Undip kebetulan pas angkatan Om tidak ada. Mungkin kurang informasi.

Om masih ingat pertama menginjakkan kaki di gerbang ITB waktu lulus UMPTN 95, ada spanduk besar berbunyi:
Selamat datang putra putri terbaik bangsa“. Bangganya saat itu,… Sekarang spanduk kayak begini masih ada enggak ya? sudah 14 tahun berlalu soalnya.

Tentu kalian ingin sekali-sekali menjadi juara kelas, kalau perlu juara umum…. ya kan?
Kalau enggak, ngapain kalian masuk ke blog ini, atau ngapain kalian tertarik membaca cerita Om ini.

Baiklah, untuk semua ponakan-ponakan Om yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng, akan Om bagi tips untuk menjadi juara kelas, menjadikan belajar itu asik, dan sekolah itu menarik.

Soalnya kegantengan atau kecantikan kalo engga disertai dengan kecerdasan (kata orang barat: smartness), maka bisa malu-maluin nantinya.
Terus, kelebihan jadi orang pinter dikelas,… kalau dia cowo, dikejar-kejar cewe… Kalau dia cewe, banyak yang naksir,… hayooo….. kepengen enggak???? hehehe

O ya,.. kalian jangan terpaku sama kepintaranย di sekolah saja ya,… kecerdasan emosi juga bisa membawa kesuksesan lho. Jadi kalau belum bisa jadi juara kelas sekarang, jangan kuatir, mungkin kalian juara di bidang yang lain.

Wah,… introduction nya kepanjangan nih.
Okelah,… kita nanti bagi-bagi tips…. sharing-sharing gitu deh. Kalian juga boleh nulis komen di blog ini.

Om punya cita-cita buat forum khusus di internet untuk seluruh pelajar Indonesia agar bisa sharing, supaya anak-anak sekolah di Indonesia pinter-pinter semua. Doain aja ya….

Tips pertama:

NIAT: harus punya niat yang kuat untuk jadi juara. Ini adalah tips nomor WAHID. Menjadi juara yang secara kebetulan (bukan karena niat), tidak ada kebanggaan di sana. “Ah,.. saya mah kebetulan ajah juara. Yang ikutan lomba cuma sendirian…. saya mah apa atuh… ”

Tingkatkan marwah dengan juara: “raise your pride by being the champion“. -Om Surya, 2016-

Selanjutnya, kalau niat sudah mantap, pindah duduk !
Kalau di sekolah, cari posisi duduk di depan.
Kawan2 Om dulu pada rebutan duduk di belakang. Soalnya aman, enggak ditanya2 guru, bisa ngobrol, bahkan tidur.

Nah, ini yang salah. Justru kalau di depan itu banyak tantangannya. Tiap hari adrenalin terpacu terus, soalnya paling rentan ditanya guru, dan paling ketahuan kalau ngantuk pas pelajarannya boring. ya kan?
Nah, dengan duduk di depan, kalian akan lebih siap untuk belajar.

(Padahal dulu pas sekolah, Om kebetulan dapat duduk di depan karena datangnya sering pas mepet bel masuk. Akhirnya semua bangku sudah terisi, yang tersisa cuma di barisan depan, pas tepat sejajar papan tulis…. hehehe.)

Coba deh,…. Gak ada ruginya duduk di depan. (Walaupun dulu awalnya Om terpaksa.., tapi pas SMA Om malah sukarela milih duduk di depan. Bukan apa-apa, soalnyaย jadi ketua kelas terus sih… hehehe. Dan saat itu jadi ketua bukan karena mantap dan paten memimpin, tapi karena enggak ada yang mau… hahaha.)

Tips selanjutnya,… lain waktu InsyaAllah Om tulis lagi.
Asal kalian senang berkunjung ke blog ini, dan ngasih komentar, mungkin pengalaman kalian sendiri.

Duduk di depan? Siapa takuutttt… !!

Wassalam

Perihal Om Surya
Share pengalaman dan pelajaran SD-SMA untuk generasi belajar Indonesia, semoga bisa menjadi inspirasi menuju juara.

5 Responses to Tips Juara (#1): Niat: AMJ – Aku Mau Juara

  1. gasela mengatakan:

    assalamu alaikum ….
    saya adalah seorang mahasiswa jurusan bahasa inggris di kota kecil di ponorogo. saya adalah alumni dari sebuah pondok pesantren dan kebetulan saya ,meengajar juga di lembaga tersubut. Saya sangat bersemangat sekali mengajar. Namun, karena saking banyak nya kegiatan pesantren tersebut. kadang-kadang anak- anak yang saya ajari mengantuk di kelas. bagaimana caranya agar anak-anak termotivasi untuk belajar. karena perlu om ketahui anak-anak di sisni datang dari seluruh daerah di Indonesia.

    Suka

  2. juarakelas mengatakan:

    Waalaikum salam ww.
    Sebetulnya saya tidak berkompeten menjawab soalan ini, karena kalau saya ngajar pas jam 2 siang, anak2 juga ngantuk, apalagi habis makan siang, diterpa AC pula.

    Menurut saya, masalah mengantuk itu wajar, apalagi kalau banyak kesibukan dan harus beraktivitas sampai malam seperti di pesantren.
    Waktu saya sekolah juga sering ngantuk, maka itu saya duduk di depan, biar adrenalin terpacu. Kan gawat kalau ngantuk duduknya di depan guru pula.

    Untuk mas Ian Gasela? atau Mbak Gasela? Sebagai guru, seharusnya menciptakan suasana yang bisa menghilangkan ngantuk.
    Ada beberapa cara menurut saya, yang pertama adalah meningkatkan adrenalin siswa. Cuma kebanyakan cara untuk meningkatkan adrenalin adalah yang killer2,… jadi siap2 aja dianggap guru killer nanti๐Ÿ™‚ piis…

    Yang kedua, meningkatkan kemeriahan suasana di kelas, cocok untuk guru yang humoris dan luas wawasan. Jadi, materi sekolah yang membosankan, dengan dipoles pengetahuan/isu-isu lain, apalagi disertai humor mudah2an dapat menghilangkan rasa ngantuk.

    Rasa ngantuk akan semakin berat kalau gurunya monoton. Jadi guru memegang peran penting nih, buat ngilangin rasa ngantuk siswa. Selamat mengeksplorasi.

    wassalam

    Suka

  3. Ire Ki mengatakan:

    halo om,, pa kabar??
    saya ikha, dari Makassar, saya ad masalah,, gini ceritanya::
    dulu waktu SMP kelas satu mpe dua,, sy sangat semangat belajar matematika (padahal waktu SD paling benci pelajaran itu) soalnya guru yg ngajar asyik bgt,, cara ngajar nya mudah utk dicerna,. pokoknya nilai matematika sy bagus di rapor.. skedar info, sy jg dpt ranking 1 kala itu..
    tp sayangnya.. pas naik kelas tiga gurunya kan ganti tuh,, ishh rsanya tiap belajar MTK bawaanya mau tdur teruss.. soalnya cara mengajar nya bedaa bgt ma kedua guru seblumnya. .setiap beliau masuk,, kerjaan saya cuma coret-coret buku ato ngobrol ma teman sebangku sy.. saya merasa bersalah juga sih .. soalnya guru itu sdh susah payah menjelaskan,, eh, saya malah ngga serius, udah gitu, saya sdh sering mengganggu teman sy itu. jdi, saya hanya belajar seadanya diskolah,, trus dirumah baru deh belajar sndiri , sy selalu terlambat mnguasai materi yg diajarkan. smpai ulangan harian pun, krn ngga siap sy hanya menjwab ala kadarnya dan hasil ulangannya…
    ngga usah dikasih tau pun, pasti om bisa nebak, kok
    bahkan, sy mendapat ranking 3, tp nilai sy ngga ada yg merah๐Ÿ™‚

    alhamdulillah,, sekarang sya sdah lulus SMP..
    masalahny,, saya khawatir.. kalau2 udah masuk SMA,, sya akan terus terpengaruh dgn gaya bljar saat msih kelas 3.
    saya pikir, penyebab masalah sy ini adalah susahnya beradaptasi dgn guru/pengajar kita, krn setiap guru memiliki gaya mengajar yg berbeda.

    pertanyaan sy, gimana dong caranya agar kita bisa dgn mudah beradaptasi dgn guru yg baru dan agar kita bisa mempertahankan smangat belajar..mohon bantuannya๐Ÿ™‚

    terima kasih om ..

    Suka

  4. ning-ning mengatakan:

    om saya siswa klas 3 SMA. sbntar lagikan UN tapi nilai raport saya ga jauh-jauh rata-ratany dari 8.8 saya ingin jadi juara umum pas UN. tapi gmna caranya ya om.. kasih tau donk..

    Suka

  5. Sri Setya Murti K mengatakan:

    assalamu’alaikum ,hy om apa kbar..
    introductionnya saya adl siswi kls XII SMK,bru kemaren tlah usai UUS 1 tapi msh kpikiran sama nilai mtk ,saya khawatir dgnnya๐Ÿ˜€
    Krna jgn jgn remidi laagi disini masalahnya ..saya ingin dikasih tip jitu donk om supaya saya bisa suka dan pinter mtk ,saya ingin nilai UN nanti BISA banggain ortu saya
    sbelum dan sesudahnya trimakasih om atas tipsnya
    wassalamu’alaikum

    Sri Setya M K
    (SMK N 1 CILACAP)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: